Selasa, 22 November 2016

Tenaga Musiman (temus) Haji

     1.  Terpilihnya Menjadi Petugas Haji 2016

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia merupakan organisasi pelajar Indonesia yang berada di luar negeri. Ia juga disebut di beberapa Negara menjadi HPMI yaitu Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Indonesia. Organisasi ini tersebar diberbagai Negara. Dilebanon ia disebut sebagai PPI Lebanon. Anggotanya adalah seluruh mahasiswa yang sedang studi di Negara yang berbatasan dengan Israel di Selatan dan Suria di sebelah Utara. Pada Tahun 2016 PPI Lebanon di komandoi oleh Mahasiswa dari Universitas Islam Beirut, Saudara Nur Hamid Shaleh.

Bukanlah sesuatu yang mudah menjadi utusan temus ppi Lebanon, tapi ia adalah sebuah bentuk apresiasi bagi mahasiswa yang memenuhi syarat-syarat yang telah diberikan oleh KJRI Jeddah ke perwakilan-perwakilan di Negara masing-masing PPI. 

Tahun 2015 tepatnya satu tahun yang lalu, Rahmat Ilahi Siregar, mahasiswa Universitas Islam Beirut yang baru saja menyelesaikan studi strata satu, mencoba mendaftar diri untuk mengikuti ujian seleksi temus haji. Namun, walaupun persyaratan administrasinya telah lengkap diantaranya adalah telah menyelesaikan studi s1, belum bisa membuatnya dengan serta merta bisa lulus dan diterima saat itu. Iapun dengan segala kekuarangannya bersabar untuk menunggu tahun depan untuk berangkat ke tanah suci sebagai petugas haji. Adapun seleksi temus dilaksanan dengan dua tahapan, yaitu pertama dengan ujian tulis dan yang kedua dengan tes wawancara.



Pada tahun ini, musim haji yang dilaksanakan oleh muslim di Indonesia dan seluruh dunia, kembali menjadi tugas Kementrian Agama RI untuk memfasilitasi dan melayani jamaah haji Indonesia. Saat itu juga, Panitian Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2016 yang telah dibentuk oleh Pemerintah Indonesia, kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia yang belajar ditimur tengah termasuk Lebanon, untuk menjadi petugas musiman haji, membantu ppih. Pendaftaran temus haji kembali dibuka di KBRI Beirut untuk tahun 2016.

Rahmat Siregar, yang saat itu sedang melaksanakan studi pasca sarjana di kampus yang telah meyudisiumnya tepat satu tahun yang lalu, mendaftarkan dirnya kembali untuk mengikuti seleksi temus haji. Dan kali ini, ia dinyatakan lulus. “alhamdulillaaah..” gumamnya dalam hati saat melihat pengumuman kelulusan temus 2016.

Iapun beserta 2 mahasiswa lainnya melengkapi segala persyaratan yang diperlukan dari pengurusan visa haji sampai persiapan tiket pesawat keberangkatan Beirut – Jeddah.

Dengan perasaan bahagia dan gembira, ia pun sangat bersyukur kepada Allah swt yang telah memberikannya kesempatan untuk menjadi pelayan tamu-tamu Allah dan melaksanakan haji pada saat yang sama. Sekaligus berharap dan terus berdoa agar hajinya menjadi mabrur yang diterima oleh Allah swt. Iapun dengan demikian telah melengkapi rukun islam. Alhamdulillah ! (bersambung... )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bloggers